Resep Soto Ayam Lamongan enak dan simple serta lezat

Soto ayam lamongan. Kuliner berkuah asal Lamongan jawa timur ini memang sangat terkenal, karena banyak pecinta kuliner suka dengan masakan dari kuah ayam yang dibumbui  satu ini. Tak heran jika banyak rumah makan menyediakan masakan empat sehat dalam satu menu khas asal jawa bagian timur tersebut. Alasan ini jugalah membuat ibu - ibu muda mencari resep soto lamongan untuk dijadikan menu spesial di dapur rumah masing - masing.

Sebelum kita masuk ke pembahasan inti yaitu resep cara membuat soto ayam lamongan ada baiknya sahabat tau, mengapa soto ayam yang satu ini begitu tenar dan kondang dibandingkan dengan soto dari daerah lainnya ? itung - itung menambah wawasan sahabat :D

Soto lamongan terkenal karena terdapat bumbu tambahan saat meracik resepnya. Jika sahabat pernah menikmati soto ayam lamongan pasti pernah melihat dan merasakan kedahsyatan taburan bubuk yang terdapat pada saat pertama kali soto ini disajikan. Nah bubuk inilah yang menjadi ciri khas dari resep soto lamongan. Namanya adalah koya, koya merupakan perpaduan antara tumbukan krupuk udang atau kerupuk putih dengan bawang putih yang sudah digoreng. Untuk cara pembuatannya nanti juga akan dibahas di bawah.

Selain itu, karakter utama dari rasa soto lamongan yang enak berasal dari jahe, ketumbar dan kunyit yang ditumbuk halus kemudian juga penumisan bumbu halus yang benar - benar matang andil besar dalam menentukan rasa kuah soto nantinya. Tips pastikan kemiri benar - benar matang ketika disangrai karena menurut pengalaman jika belum matang bumbu menjadi sedikit langu.

Nah, setelah sahabat mengetahui hal apa yang membuat soto lamongan begitu terkenal, nikmat dan tentunya menggugah selera, kini saatnya membongkar bumbu rahasia dalam meracik kuliner berkuah ini.

Soto ayam lamongan, resep soto ayam


Bahan utama :

Tentu saja ayam, tips gunakan ayam kampung untuk citarasa yang enak, bagian ayam yang digunakan dalam membuat kuah ayam yang paling bagus yaitu bagia paha dan dada karena bagian inilah yang paling banyak dagingnya.

Bahan untuk membuat Koya.

  • 1/2 kilogram kerupuk udang, lebih baik kerupuk putih.
  • 1/4 Kilogram bawang putih, sebagai bahan perbandingan untuk membuat koya yang lezat yaitu 1:2 untuk hasil yang gurih kriuk - kriuk.

Bahan Tambahan :

  • Telur ayam 1 - 2 biji sesuaikan dengan selera sahabat.
  • Kecambah secukupnya, oh iya kecambah berbeda ya dengan touge, bedanya pada ukurannya, jika touge ukurannya panjang sekitar 1-2 cm, sedangkan kecambah cuma 5 mm. Jadi jangan sampai salah ya sahabat, karena nanti rasanya soto ayam lamongan jadi aneh kalo pake touge
  • Mien Soun secukupnya.
  • 3 buah kentang.
  • Daun seledri secukupnya.
  • Jeruk limau 2 buah saja cukup.
  • Kubis secukupnya.
  • Daun bawang secukupnya.

 

Bumbu Soto Lamongan :


Berikut bumbu yang harus sahabat siapkan untuk meracik soto yang super enak dan menggugah selera.

  1. Bawang merah 8 siung atau secukupnya.
  2. Bawang putih 5 siung.
  3. Lada kira - kira 1 sendok teh.
  4. Kemiri 4 biji.
  5. kunyit, kira - kira 1 jempol sahabt atau secukupnya.
  6. Laos 1 buah.
  7. Jahe 1 jari jempol
  8. Daun salam dan daun jeruk secukupnya aja ya sahabat, kira - kira sih 3-4 lembar.
  9. Daun sereh 1 batang saja sudah cukup.
  10. Garam, micin, gula pasir secukupnya.

Bahan utuk membuat sambal :

  1. Cabai Merah 5 biji
  2. Bawang merah 4 siung.
  3. Bawang putih 2 siung
  4. kecap manis ( opsional)

Cara membuat soto ayam lamongan :


Langkah pertama yang harus sahabat lakukan yaitu membuat bumbu halus.

  1. Siapkan tempat untuk menumbuk yaitu cobek dan ulekan.
  2. Iris kecil - kecil jahe, kunyit serta laos supaya penghalusannya mudah, lalu masukkan kedalam cobek, oh iya sisakan 1 buah laos dan kunyit yang nantinya akan dicampurkan kedalam kuah. 
  3. Setelah itu masukkan juga bawang merah, bawang putih, garam , kemiri, lada secukupnya.
  4. Haluskan semua bahan yang ada didalam cobek menggunakan ulekan.
  5. Setelah dihaluskan sangrai bumbu soto tersebut dengan sedikit minyak, jangan sampai gosong ya
  6. Langkah pertama selesai.

Langkah Kedua :

Pada tahap ini memasak bahan pelengkap tujuannya agar memasak soto menjadi lebih mudah dan simple dan tidak kelihatan ribet.

  1. Rebus telur ayam sampai matang.
  2. Rebus soun hingga mengembang lalu potong menjadi 2 bagian agar tidak terlalu panjang ( pemotongan ini opsional ya) karena ada banyak orang yang suka mie panjang - panjang dan sebagian lagi tidak.
  3. Rebus kecambah hingga empuk atau matang ( kalo didaerah saya kecambah dinamakan capar) hhe :D
  4. kupas kulit kentang, kemudian iris kecil - kecil setalah itu goreng hingga matang ciri - ciri kentang sudah matang yaitu warna kentang sedikit orange. Dan empuk
  5. iris daun seledri, kubis ddan daun bawang kecil kecil.
  6. potong tomat sesuai dengan selera.
  7. langkah kedua selesai.
bahan pelengkap soto ayam lamongan
  

Langkah ke-3 yaitu membuat koya :

Cara membuat koya sebagai pelengkap soto lamongan.

  1. Goreng kerupuk udang dan bawang putih yang telah disiapkan.
  2. giling atau tumbuk kedua buah bahan tersebut sampai hancur, sahabat cukup gunakan ulekan untuk menumbuk bawang putih sedangkan kerupuknya remukkan dengan memasukkan kerupuk kedalam plastik yang tebal lalu tekan - tekan hingga hancur.
  3. tips sebenarnya yang bagus adalah kerupuk putih, karena biasanya kerupuk udang menisakan sedikit minyak. Hal ini membuat ada sebagian bubuk yang menggumpal. So lebih baik pilih kerupuk putih karena kerupuk jenis ini tidak menyisakan minyak sehingga bagus untuk dibuay koya.

koya soto lamongan

Step Selanjutnya yaitu pembuatan santan.

Santan merupakan ciri khas dari masakan berkuah dari jawa timur. Penambahan santan ini bertujuan agar menambah rasa gurih karen pada dasarnya santan dibuat dari kelapa.

alat dan bahan dalam membuat santan :

  • Parutan kelapa
  • kelapa yang sudah tua, pisahkan daging dengan cangkangnya
  • mangkuk yang cukup besar
  • air secukupnya kira - kira 500 ml.

Cara membuat santan :

  1. Parut terlebih dahulu kelapa yang telah disisipkan
  2. campurkan air sedikit - demi sedikit kedalam hasil parutan kelapa tersebut.
  3. Peras hingga keluar air putih seperti susu.
  4. lakukan berulang - ulang sampai air yang digunakan untuk bahan habis.
pengunaan santan ini bersifat opsional, untuk sahabat yang tidak terlalu suka santan boleh ditinggalkan, jika sahabat malas membuat santan, sahabat nisa beli santan, karena saat ini telah ada produk penjual santan secara instant dalam bentuk sachet.

santan


Langkah Ke Empat :

Step ini merupakan tahapan yang paling penting dalam pembuatan kuah soto.

  1. Siapkan panci yang telah berisi air kira - kira 2 liter lalu didihkan air tersebut kira - kira 10 menit menggunakan api yang besar, ketika air sudah mendidih maka masukkan ayam yang telah dipilih bagian paha dan dada. tunggu hingga ayam matang, tandanya yaitu ayam terasa empuk jika ditekan - tekan.*
  2. Ketika ayam sudah matang maka segera angkat dari panci tersebut, jangan buang air rebusan tersebut, karena air inilah yang digunakan untuk dijadikan kuah soto.
  3. Masukkan bumbu yang sudah disangrai tadi kedalam rebusan air, tunggu hingga keluar aroma yang sedap dair kuah tersebut. Ketika sudah keluar aroma sedap maka masukkan daun salam, laos dan daun sere ( catatan memarkan terlebih dahulu laos dan daun sere).
  4. Tambahkan garam, gula, micin hingga rasa dari kuah tersebut enak dan lezat sesua selera sahabat.
  5. Langkah terakhir yaitu goreng ayam yang telah direbus tadi.
  6. semua step sudah selesai. 

Langkah ke lima yaitu membuat sambal :

  1. Rebus dahulu cabe rawit merah.
  2. Siapkan 3 siung bawang merah , 2 siung bawang putih kedalam cobek.
  3. Tambahkan garam sebanyak 1/2 sendok teh.
  4. Tambahan cabe yang sudah direbus.
  5. Lalu ulek semua bahan tersebut hingga halus.
  6. Langkah terakhir yaitu tambah kecap kedalam sambal tersebut ( penambahan ini opsional ya jika sahabat tidak suka sambal kecap, maka sampai pada langkah kelima saja. 

sambal soto lamongan


Cara penyajian :

  • Siapkan mangkok untuk menampung kuah soto dan bahan yang telah diracik.
  • masukkan soun, kecambah secukupnya, telur rebus yang sudah dibelah menjadi 4 bagian kedalam mangkuk.
  • Suwir ayam yang telah digoreng lalu masukkan kedalam mangkok.
  • Tuangkan kuah sotonya.
  • Lalu tambahkan kentang goreng + tomat untuk mempercantik masakan sahabat.
  • sebelum disantap, ada baiknya sahabat menambahkan perasan jeruk nipis + sambal secukupnya supaya selera makan keluarga anda bertambah dan menikmati soto lamongan dengan penuh lahap.
  • Sampai sini resep soto lamongan siap dihidangkan :D

Biasanya soto ayam dihidangkan dengan menambahkan nasi, namun sahabat bisa menyesuaikan dengan selera masing - masing, oh iya tambahkan taburan koya untuk menambah rasa dan aroma yang menggugah selera untuk segera menyantap soto lamongan ini. jangan lupa juga tambahkan perasan jeruk lamu untuk menambah kesan segar dan makan.

*catatan : tips agar ayam tidak berbau amis ketika dimakan, pertama sebelum direbus. gosok permukaan ayam dan rongga bagian dalam menggunakan garam yang cukup, diamkan beberapa saat dan kemudian cuci bersih ayam tersebut. setelah itu lumuri dengan perasan jeruk nipis baru kemudian direbus.

Demikian resep soto ayam lamongan yang dapat resepsotoayam.com sajikan, jika bermanfaat silahkan dishare di facebook maupun di twitter

Subscribe to receive free email updates: