Resep soto ayam madura bumbu simple dan enak

Soto madura merupakan kuliner khas dari daerah yang terkenal dengan budaya karapan sapi. Memang sih popularitas masih kalah jika di survei  antara soto ayam madura dan sate ayam madura lebih terkenal yang mana. Namun resep dan bumbu soto daging madura yang sederhana tapi tetap enak, perlahan - lahan nan pasti mampu mencuri perhatian para pecinta kuliner nusantara khususnya kuliner yang ada di daerah madura.

Memang dari semua bahan tidak ada yang berbeda jika dibandingkan dengan soto ayam lainnya, perbedaaannya terletak pada hiasan pelengkapnya, jika bisanya soto daerah lain menggunakan emping sebagai pengganti kerupuk maka soto madura menggunakan keripik kentang yang dibentuk kotak – kotak kecil dan digoreng sampai benar – benar kering. Menambah rasa kriuk – kriuk.

soto ayam madura


Selain itu, soto ini memiliki karakteristik tersendiri yaitu tidak menggunakan santan sedikitpun dalam pembuatan kuahnya. miskipun menghilangkan ciri khas soto versi jawa timuran, namun jika di ibaratkan dalam sebuah kompetisi soto madura seperti underdog yang mulai membuat soto ayam lamongan dan soto ayam surabaya mulai kehilangan penikmat setianya. Wkwkwk canda gan :D

Resep soto madura


Bagi kamu yang sedang singgah kemadura, tak lengkap rasanya jika hanya membeli sate ayamnya saja. Rasakan juga kenikmatan kuah yang mengalir deras kelidah anda, dan manjakan perut anda dengan semangkok soto dari pulau madura. Bagi anda yang belum sempat mampir ke madura jangan khawatir kali ini resepsotoayam.com akan memberikan resep serta cara membuat soto ayam madura persis seperti yang dibuat oleh masyarakat disana yuk simak selengkapnya.

Bahan utama :

  • Daging ayam :  ½ kg, untuk rasa ayam yang lebih enak gunakan ayam kampung.
  • Air  : 1,5 liter.
  • Garam : 1 sendok teh.
  • Gula pasir : secukupnya
  • Minyak goreng : secukupnya.

 

Bumbu halus soto ayam madura :

 

  • Bawang merah :  8 siung.
  • Bawang putih : 5 siung.
  • Jahe, kunyit masing – masing : 1 cm, Kemudian bersihkan.
  • Lengkuas sebanyak 2 yang 1cm dan 3 cm kemudian potong kecil - kecil.
  • Merica : 1 sendok teh.
  • Daun salam dan daun jeruk masing – masing : 3 lembar.
  • Kemiri : 4 buah.

Siapkan cobek dan ulekan, kemudian potong kecil – kecil jahe, lengkuas dan kunyit. Hal ini untuk memudahkan pengulekan karena ketiga bahan ini cukup keras, sehingga cara terbaik yaitu dengan memotongnya kecil – kecil kira – kira seukuran bawang merah. Setelah itu masukkan semua bahan bumbu halus tersebut kedalam cobek dan ulek sampai halus.

Jika anda malas mengulek bumbu halus tersebut, gunakanlah blender. Namun terdapat perbedaan antara bumbu di ulek dan bumbu diblender, yaitu rasanya lebih enak bumbu halus yang diulek, karena bumbu yang diblender membuat aroma – aroma keluar semua ketika di tumis makanya biasanya bumbu yang diblender itu lebih menyengat hidung ketika di tumis.

Sedangkan bumbu ulekan itu tidak begitu menyengat dan aroma yang masih tertahan tersebut akan keluar ketika dicampur dengan kuah sehingga rasa kuahnya nanti bisa juara.

Bahan pelengkap :

  • Mie soun yang sudah diseduh dengan air panas, : 100 gram,  atau sesuaikan dengan porsi yang akan dihidangkan.
  • Telur rebus sebanyak : 2 buah, potong menjadi 4 bagian.
  • Daun bawang iris kecil – kecil sebanyak : 1 buah.
  • Daun seledri : 1 batang saja, kemudian rajang halus.
  • Jeruk nipis : 2 buah.
  • Kecambah : secukupnya.
  • Keripik kentang : secukupnya.
  • Bawang goreng : secukupnya.

Cara membuat soto ayam madura.

  1. Pertama – tama rebus ayam dengan air sebanyak 1,5 liter. Rebus hingga ayam terasa empuk. (Tips, kapan kita harus cek ayam sudah empuk atau belum ? ketika air sudah mendidih biasanya ayam akan empuk, cara pengecengakannya mudah, anda cukup tekan bagian daging ayam dengan pisau dapur, jika pisau bisa menembus daging tandanya sudah empuk). Kemudian matikan kompor dan tiriskan ayam tersebut.
  2. Kemudian goreng ayam tadi dengan minyak yang sudah panas. Tunggu hingga ayam berubah warna sedikit kecoklatan dan berkulit. Setelah matang dan ditirkanan, Kemudian suwir kecil – kecil sesuai dengan selera.
  3. Tumis bumbu halus yang sudah diulek. Minyaknya kira – kira 3 snedok. Jangan lupa tambahkan daun salam dan daun jeruk. Aduk – aduk supaya bumbu matang sempurna. Tiriskan jika sudah berbau harum.
  4. Masak kaldu sekali lagi, kemudian tambahkan bumbu halus yang sudah di tumis sebelumnya. Tambahkan juga serai yang sudah ditumbuk  serta lengkuas yang sudah dimemarkan, tunggu hinga mendidih kembali. Cicipi apakah sudah enak atau belum.
  5. Jika belum tambahkan gula pasir dan garam aduk sampai merata.
  6. Selesai. Soto ayam siap disajikan.

Cara membuat keripik kentang :

  • Pertama – tama kupas kulit kentang sampai bersih, kemudian iris kecil – kecil berbentuk kotak.
  • Kemudian goreng dengan minyak yang sudah panas agar ketang tidak lengket. Goreng sampai kering merata.
  • Selesai.

Cara membuat sambal :

  1. Siapkan bahan seperti bawang merah 7 butir, bawang putih 4 siung, garam, dan kemiri yang sudah disangrai, serta bawang cabai yang sudah direbus 10 buah.
  2. Ulek semua bahan hingga halus dan tercampur sempurna. Nah sebelum disajikan bersama bahan lainya tambahkan sedikit kuah soto atau cuka secukupnya.

Cara menyajikan :

Siapkan mangkuk lalu isi dengan mie soun, suwiram ayam goreng lalu tuangkan kuah soto yang masih  panas secara perlahan, rasakan sensasi aroma yang nikmat. Setelah itu taburkan kecambah dan keripik kentang secara merata dan pas. Biarkan keripik tercampur dengan kuah maka akan timbul kekenyalan, yang terakhir nikmati dengan keluarga dirumah.

Soto ayam biasanya disajikan pada siang hari ketika jam istirahat kerja. Maka dari itu banyak juga yang menambahkan nasi untuk menjaga stamina ketika bekerja lagi. Hal ini bukan menjadi keharusan, anda bisa menikmatinya tampa nasi(sesuaikan dengan selera saja).

Sangat mudah di praktekkan bukan ? jika bunda membaca langkah dan resep diatas secara seksama saya yakin hasilnya akan sangat memuaskan. Mungkin cukup sekian resep tentang soto khas madura. Semoga racikan diatas bisa membantu bunda yang sedang ingin memasak kuliner daging dari madura dan menambah daftar resep yang sudah bunda kuasai.

Jadi bunda tak perlu pergi kemadura untuk menikmati semangkok soto asli madura tersebut, jika bisa membuatnya sendiri malah akan menjadi kebanggan tersendiri untuk diri sendiri dan mungkin malah bisa menjadi sumber penghasilan bunda jika mau membuka depot atau warung dengan menu adalan berupa soto. Oh ya jangan lupa juga baca – baca resep yang lain.

seperti soto ayam lamongan dengan bubuk koya super gurih,  atau putihnya soto betawi yang sudah menjadi icon kuliner disana. Atau juga soto padang dengan bumbu – bumbu yang tajam menusuk – nusuk hidung namun tetap bikin ketagihan.

Soto madura sangat cocok dinikmati dengan sate ayam madura, nah bagi anda yang sedang berkunjung kesana jangan lupa untuk memesan dua masakan khas ini ya !. Apalagi dinikmati dengan menikmati pemandangan jembatan suramadu yang ternal itu wihh tambah mantap.

Baca juga : resep soto wonogiri

Sekian dulu ya, semoga resep diatas bisa membantu bunda, dan bisa dipraktekkan secara langsung. Tak usah khawatir karena resep soto diatas didapat dari sumber terpercaya. Hhe see you, untuk menambah wawasan bunda tentang kumpulan resep soto ayam atau resep soto dari berbagai daerah baca - baca saja di resep soto ayam dot com

Subscribe to receive free email updates: