Resep Soto Madiun Spesial Mudah dibuat

Soto madiun adalah salah satu kuliner populer selain pecel madiun. Masakan ini tentunya tak jauh berbeda dengan soto – soto khas jawa timur, yaitu menggunakan santan sebagai bahan penggurih pada kuahnya. Soto bisa dibilang masakan sejuta keunikan pasalnya setiap daerah punya bumbu dan cara penyajian yang sangat sedikit terdapat persamaaan alias bisa dipastikan akan berbeda tiap daerahanya.

Soto madiun terbuat dari bahan utama daging ayam yang direbus kemudian digoreng garing, untuk bumbu tak jauh berbeda ketika bunda pernah membuat soto ayam lamongan, atau soto madura. Seperti bawang merah, ketumbar, merica dan lain – lainnya sehingga rasanya selalu menggoda nafsu lapar dan tentu bisa membuat anda ketagihan.

Resep Soto Madiun

Untuk bahan pelengkapnya sama seperti soto lainya, yaitu menggunakan soun, suwiran daging namun biasanya tidak menggunakan telur rebus, meski begitu rasanya tetap lezat kog. Untuk bumbu – bumbu lainnya tidak ada yang spesial dari masakan khas racikan daerah yang dikenal dengan kota gadis.

Soto madiun terkenal karena cara penyajian yang berbeda dari soto bandung, soto dok jombang bahkan untuk soto yang ada daerah jawa. Emangnya gimana cara penyajiannya ? cara penyajian yaitu menggunakan piring sebagai pengganti mangkok, kemudian dimasukkan nasi, serta bahan pelengkap lainnya lalu disiram dengan kuah. Bisa dibayangkan ? hhe ya seperti kita makan nasi dipiring gitulah. Inilah yang membuat soto madiun sangat terkenal didaerahnya dan daerah sekitarnya.

soto madiun

Selain itu, jika soto bandung punya kedelai goreng yang gurihnya minta nambah lagi, soto dari madiun ini juga punya bahan pelengkap yang tak kalah gurihnya yaitu kacang tanah goreng. Wihh enak banget pokoknya.

Bagi bunda atau sis yang penasaran dengan cara membuatnya yuk simak resep dan cara pembuatannya berikut ini, semoga nanti masakan bunda enak dan membuat senang keluarga dirumah.

Bahan utama :

  • Daging ayam : 500 gram.
  • Kelapa : ½ buah.
  • Daun jeruk nipis : 3 lembar.
  • Daun salam : 3 lembar.
  • Merica bubuk : 1 sendok teh.
  • Garam halus : 1 sendok teh.
  • Lengkuas : 3 cm, kemudian memarkan.
  • Gula pasir : 1 sendok teh.
  • Minyak goreng : 3 sendok makan ( untuk menumis bumbu halus ).
  • Serai : 1 batang, ambil bagian putih, lalu memarkan.

Bumbu halus :

  • Bawang merah : 10 butir.
  • Bawang putih : 6 butir.
  • Kunyit : 1 ruas jari.
  • Jahe : 2 cm, bakar sebentar.
  • Ketumbar : 1 sendok reh.
  • Merica : 1 sendo teh.
  • Lengkuas : 1 cm.
  • Garam kasar : 1 sendok teh.
  • Kemiri : 3 butir.
  • Serai : ½ batang.

Bahan pelengkap :


  • Mie soun : 100 gram.
  • Daun seledri : 2 batang.
  • Daun bawang : 1 batang.
  • Kacang tanah : 100 gram.
  • Kentang : 4 buah.
  • Touge : 100 gram.

Bahan sambal :

  • Cabai rawit : 15 buah ( jika kurang pedas, tambah lagi. Sesuaikan dengan selera ).
  • Bawang merah : 4 butir.
  • Bawang putih : 3 siung.
  • Garam : 3 sendok teh.
  • Kecap manis : secukupnya.

Cara membuat santan :


  1. Pertama yang harus dilakukan yaitu menyiapkan 1 baskom, saringan santan, dan 2 mangkok. Lalu air sebanyak 500 ml.
  2. Langkah selanjutnya yaitu memarut semua kelapa dengan parutan sehingga dihasilkan kepala hasil parutan. Tips pecah kelapa menjadi beberapa bagian, kemudian tinggal memarutnya. Hal ini dilakukakan untuk memudahkan proses pemarutan tersebut, jika belum terbiasa ya cukup sulit dan tangan bisa luka kena parutan.
  3. Selanjutnya yaitu letakkan parutan kelapa kedalam wadah( baskom) ,  kemudian tuangkan air yang sudah disiapakan, aduk – aduk sampai merata.
  4. Siapkan saringan dan mangkok, ambil segenggam parutan kelapa yang sudah tercampur air, lalu remas diatas saringan hingga keluar sari santan berwarna putih.
  5. Lakukan berulang – ulang sampai parutan santan habis.
  6. Selesai tinggal langkah selanjutnya.

Menyiapkan bumbu halus :


  1. Siapkan cobek dan ulekan. Selanjutnya potong kecil – kecil seukurang bawang merah bahan berikut ini : jahe,kunyit,lengkuas,daun serai. Pemotongan ini dilakukakan untuk memudahkan proses penghancuran atau penghalusan.
  2. Kemudian masukkan potongan bahan tersebut kedalam cobek. Lalu masukkan juga bahan yang lainnya. Kemudian ulek sampai halus merata.
  3. Jika sudah halus, siapkan 3 sendok makan minyak goreng. Tumis bumbu halus, aduk – aduk agar bumbu matang merata, tambahkan juga daun salam dan daun jeruk lalu aduk lagi. Jika sudah berbau harum maka segera matikan kompor dan tiriskan.
  4. Selesai.

Cara memasak kuah soto madiun :


  1. Potong ayam menjadi beberapa bagian lalu bersihkan. Jika mengingikan kuah kaldu yang enak maka gunakan ayam kampung muda ( yang tua biasanya ulet). Kemudain rebus dengan menambahkan merica, garam secara bersamaan. Tunggu hingga mendidih ya !. jika sudah mendidih, cek apakah ayam sudah empuk atau belum, jika belum tunggu sebentar dan cek lagi. Namun jika sudah maka tiriskan.
  2. Matikan kompor dan jangan buang air sisa rebusan karena kaldu ini nantinya akan kita bumbui dan menjadi kuah soto.
  3. Goreng ayam rebus tersebut dengan minyak goreng yang sudah panas. Tunggu hingga ayam berkulit dan berubah warna sedikit kecoklatan (tandanya ayam sudah matang). Tiriskan sebentar jika sudah matang.
  4. Suwir – suwir ayam goreng tersebut, ukurannya sesuai selera saja. untuk tulang ayam jangan dibuang ya bunda, masih bisa digunakan kog. Lalu diapain tulangnya ? masukkan saja kedalam kuah kaldu supaya nanti rasanya lebih mantap dan lebih enak.
  5. Langkah selanjutnya masukkan bumbu halus yang sudah di tumis kedalam kuah soto, lalu panaskan lagi. Aduk – aduk sebenar. Selang 5 menit tambahkan santan yang telah bunda buat. Aduk kembali hingga bumbu serta santan menyatu seperti danging dan tulang sehingga nanti rasanya pasti enak.
  6. Oh ya lupa tambahkan juga serai dan lengkuas yang sudah dimemarkan untuk mempertajam rasa dan aroma, cicipi kuah soto tersebut jika rasanya belum pas tambahkan garam secukupnya.
  7. Matikan kompor jika kuah soto sudah mendidih dan rasanya sudah enak dan siap disajikan selesai.

Menyiapkan bahan pelengkap :

  1. Pertama yaitu merebus mie soun sampai mengembang. kemudian dilanjutkan dengan merebus touge sampai matang.
  2. Kupas kentang, cuci sampai bersih, iris tipis – tipis seukuran keripik. Selajutnya goreng garing hingga menjadi keripik kentang.
  3. Ketika kentang sudah selesai di goreng, dilanjutkan dengan menggoreng kacang tanah yang sudah dipuas kulitnya, goreng hingga matang renyah dan gurih.
  4. Terakhir iris kecil – kecil secara menyerong daun seledri dan daun bawang.
  5. Selesai tinggal menghidangkan.

Cara membuat sambal kecap :

  1. soto madiun biasanya menggunakan sambal kecap ketika dihidangkan, biar rasanya lebih menggoda selera.
  2. Rebus dahulu cabai rawit, kemudian ulek bersama bahan sambal laiinya, ulek sampai halus, jika sudah maka masuukan kedalam mangkok kecil. Kemudian tuangkan kecap secukupnya. Aduk kembali supaya kecap dan sambal berpadu dengan semupurna.
  3. Selesai, saatnya mengidangkan.


Cara menghidangkan :


  1. Siapkan piring makan, taruh mie soun, suwiran ayam, tambahkan kacang secukupnya, irisan daun bawang dan daun seledri terakhir tambahkan juga keripik kentang hasil kreasi sendiri. Lalu tambahkan nasi secukupnya.
  2. Jika semua bahan sudah ditata dengan apik dan menggoda lidah tahap selajutnya siram dengan kuah yang masih panas. Hirup aroma enak dan lezat yang menari – nari di hidung anda. Sebelum menyantapnya ada baiknya bunda menambahkan sambal kecap secukupnya.
  3. Soto madiun siap dimakan bersama keluarga tercinta.

Gimana, mudah bukan ? semoga resep diatas bisa membantu bunda dalam menghidangkan kuliner berkuah asal madiun tersebut. kata pepatah dari lidah turun kehati , nah jika bunda memasak dan menyimak resep diatas secara sungguh – sungguh sepenuh hati maka hasilnya akan enak dan mantap.

Sekian dulu ya baca – baca juga resep soto daerah lainnya  see you, jangan lupa untuk share ya :D

Subscribe to receive free email updates: