Resep Soto Ayam Kudus Asli Gurih dan Nikmat

Soto kudus ialah nama salah satu kuliner berkuah yang berada didaerah kudus, daerah yang terkenal karena produksi rokok terbesar di indonesia. Yup, djarum kudus. Bicara soal soto mungkin sudah tidak asing lagi exsistensinya dilidah dan perkulineran masyarakat indonesia. Pasalnya masakan ini biasanya menjadi makanan yang biasa tersaji ketika ada hajatan besar semisal pernikahan, yasinan dan lain – lain.

Soto merupakan masakan unik, hampir setiap daerah memiliki resep dan bumbu khas masing – masing. Perbedaan rempah – rempah tersebut tak lain didasari oleh letak geografis yang berbeda – beda. Jadi mungkin di satu daerah menggunakan bumbu ini, didaerah lain tidak menggunakanya. soto ayam kudus contohnya, soto ini tidak menggunakan kunyit sebagai perasa dan warna jadi nantinya kuahnya berwarna bening bukan kekuningan khas soto ayam surabaya dan ataupun soto ayam bandung serta soto ngawi.

resep soto ayam kudus


Ditambah lagi, soto kudus juga  tidak menggunakan santan jadi resep dan cara membuatnya cukup mudah dan sangat direkomendasikan untuk ibu – ibu yang sedang belajar memasak soto ayam. Ada satu bumbu yang jarang sekali dilibatkan dalam peracikan soto yaitu jinten. Soto dari kudus ini menggunakan jinten sebagai salah satu bahan utama pembuatan bumbu halus.

Jinten adalah rempah – rempah berbentuk butiran biji berwarna hitam, selain digunakan untuk bumbu kuliner, jinten juga dikenal sebagai tananman obat ribuan tahun yang lalu. Wih sadis kagak bunda ? multifungsi hho. Salah satu manfaat jinten adalah mempertahankan tubuh dari serangan kanker bahkan HIV dan masih banyak yang lain lagi. Udah gitu aja info tentang jinten bagi bunda yang belum mengetahui. Back to topic.

Soto kudus tergolong berkuah bening sama seperti soto ayam semarang namun bedanya soto semarang lebih hitam karena  kuahnya dicampuri dengan kecap dari kedelai yang dirawat seperti anak sendiri #iklan. Dari segi penampilan dan penyajian banyak pecinta kuliner yang tak langsung mengenali ini adalah soto kudus. Karena memang tak ada mencolok selain jinten, beda dari soto ayam lamongan yang kita langsung tau karena koyanya atau kuah putih yang merupakan identitas dari soto betawi , atau lagi mie kuning milik soto bogor sang kota hujan dimana tempat paling tepat untuk menikmati semangkuk soto bersama keluarga. Eh kog malah ngelantur gini back to topic hhe

Bahan utama yang digunakan adalah ayam kampung, pemilihan ayam jenis ini bertujuan agar nantinya banyak kaldu yang dihasilkan dan tentu rasanya jadi lebih enak, Jika harus dibandingkan dengan ayam potong. Untuk bumbu yang lainnya kurang lebih hampir sama dengan soto – soto lain.

Nah sudah penasaran cara membuat soto ayam kudus ? yuk jangan lama – lama ntar malah males bikinnya, pertama siapkan bumbu berikut ini, admin yakin kebanyakan bumbu pasti ada didapur rumah masing – masing. Jikalau tidak ada, tinggal pergi kepasar atau minta tetangga hha.

Bahan Utama :

  • 1 kg daging ayam, boleh juga menggunakan daging potong. Pilih yang masih muda.
  • 2 liter air bersih untuk merebus.
  • 3 lembar daun salam.
  • 4 lembar daun jeruk.
  • 2 cm lengkuas, bersihkan kemudian memarkan.
  • 2 batang serai, ambil bagian putih, memarkan.
  • Penyedap rasa, gula dan garam secukupnya.
  • Minyak goreng secukupnya.

Bumbu halus soto kudus :


  • 10 butir bawang merah.
  • 6 siung bawang putih.
  • 1 sendok teh merica butir.
  • 1 sendok teh ketumbar butir.
  • 4 butir kemiri.
  • 3 cm jahe, potong kecil – kecil.
  • 1 sendok teh garam.

Bahan pelengkap :

  • 1 batang daun bawang.
  • 2 batang daun seledri.
  • 4 butir telur ayam.
  • 2 buah jeruk nipis.
  • Kecap manis secukupnya.
  • 100 gram tauge.
  • Bawang merah goreng secukupnya.

Cara membuat soto ayam kudus spesial :

  1. Potonglah ayam menjadi 4 bagian, kemudian cuci hingga bersih.
  2. Masukkan ayam kedalam panci yang sudah berisi air kira – kira 2 liter, rebus menggunakan api sedang.
  3. Sambil menunggu ayam matang dan empuk. Maka, saatnya mengolah bumbu halus. Ulek semua bahan yang akan dijadikan bumbu halus, ulek sampai hancur merata. Untuk memudahkan penghalusan gunakan saja blender.
  4. Selanjutnya tumis bumbu halus dengan menggunakan kira – kira 3 sendok makan minyak goreng, aduk – aduk supaya bumbu matangnya merata. Selagi mengaduk tambahkan daun salam dan daun jeruk. Tiriskan jika sudah tercium bau harum.
  5. Saatnya periksa apakah daging ayam sudah matang atau belum, cara dengan menekankan bagian ujung pisau dapur kebagian dagingnya. Jika mudah tertembus tandanya ayam sudah matang dan empuk, jika masih cukup keras itu tandanya perlu sedikit waktu lagi memasaknya. Matikan kompor dan tiriskan jika ayam sudah matang.
  6. Setelah ayam matang ada dua pilihan yaitu menyuwirnya secara langsung atau menggorengnya terlebih dahulu, kalau saya memilih untuk menggorengnya, alasanya agar daging tidak cepat basi.
  7. Goreng ayam dengan minyak yang sudah panas ya bunda, ( hal ini dilakukan agar daging tidak lengket dengan penggorengnya). Goreng sampai ayam berkulit dan berwarna agak kecoklatan. Sudah matang ? suwir sesuai dengan selera. Nah disini jangan langsung membuang tulang ayam ya bunda, karena masih bisa digunakan untuk campuran kuah nantinya.
  8. Kembali lagi ke kuah sisa rebusan ayam, selanjutnya rebus kembali kaldu tersebut dengan api kecil. Setelah itu tambahkan tumisan bumbu halus, daun serai, lengkuas secara bersaman, aduk – aduk supaya bumbu dan semua bahan tercampur dengan sempurna.
  9. Tunggu beberapa menit. Cicipi rasa kuahnya sudah pas atau masih ngalor ngidul rasanya ? jika kurang pas tambahkan sedikit gula, garam dan penyedap rasa. Lakukan hal yang sama sampai rasanya pas dan enak tenan.
  10. Sebelum disajikan masukkan tulang – tulang ayam sebelumnya kedalam kuah dan matikan kompor.
  11. Selesai kuah kaldu soto siap disajikan.

Menyiapkan bahan pelengkap :

  1. Potong kecil – kecil daun seledri dan daun bawang.
  2. Rebus telur hingga matang, kemudian masing masing telur belah menjadi 4 bagian.
  3. Rebus tauge sampai matang, tandanya cukup mudah anda tinggal lihat batang tauge yang sebelumnya berwarna putih bersih berubah menjadi bening. Dan sedikit layu.
  4. Nah tinggal membuat sambalnya saja. ulek semua bahan sambal seperti membuat bumbu halus, jika sudah pindahkan ketempat yang lain atau wadah sambal. Kemudian tambahkan sedikit kuah soto kudus, aduk – aduk sampai merata, yoho sambal sudah jadi.

Cara penyajian soto kudus kurang lebih sama dengan penyajian soto – soto lainnya.  Siapkan mangkok kemudian masukkan daging yang sudah digoreng dan disuwir. Lalu masukkan bahan pelengkap secukupnya mulai dari soun,kecambah,telur ayam rebus yang telah dipotong – potong, kemudian siram dengan kuah secukupnya.

Terakhir jangan lupa untuk taburkan bawang goreng dan perasan jeruk limau supaya rasanya jadi lebih sempurna dan lezat. Bagi anda yang suka pedas bisa menambahkan sambal dan kecap manis secukupnya.

Soto kudus paling enak jika disajikan bersama dengan nasi disiang hari. karena dengan bumbu dan rempah – rempah secomplit itu akan mampu menambah stamina yang terkuras setelah setengah hari kerja. Nah sekarang tinggal menikmati bersama keluarga tercinta. tak hanya itu soto kudus juga cocok disantap saat pagi hari sebelum berangkat kerja atau sekolah.

Nah, silahkan bunda coba dirumah, admin yakin bunda bisa memasak dan menyajikannya dengan sangat – sangat sempurna, karena resep diatas didapat dari berbagai sumber terpercaya dan sudah dipraktekkan secara langsung.

semoga bunda yang bingung bagaimana cara membuat dan meracik soto kudus bisa terbantu, semoga bermanfaat.

Sekian, jangan lupa shara dan baca – baca juga aneka resep soto dan share artikel ini jika bermanfaat.


Subscribe to receive free email updates: