Resep Soto Ayam santan gurih nikmat dan sangat mudah dibuat

Soto merupakan salah satu maha karya kuliner yang sudah merakyat dilidah orang Indonesia. Bahan utamanya tak lepas dari yang namanya daging, sudah takdirnya seperti itu (ya kalo bahan utamnya sayuran namanya bukan soto, tapi sayur asem :p ). Daging yang digunakan pun beranekaragam entah itu sapi, jeroan sapi(babat) atau yang paling lazim adalah daging ayam. Oleh karena itu pasti ada penikmat soto bosan dengan bahan yang itu – itu saja. sehingga diperlukan inovatif bin kreatif namun tetap enak untuk disantap. Salah satunya adalah soto ceker. kali ini kita akan membuat resep soto ceker dengan kuah kuning, dimana bahan utamanya tak lain tak bukan yaitu ceker.

Ceker adalah bagian dari kaki ayam, jadi tak heran banyak kalangan menyukainya dan tak sedikit juga yang tidak suka. Alasannya tentu bagian tubuh ayam ini digunakan untuk mengais makanan ditanah saat sang ayam masih hidup. Selain banyak kotoran menempel juga daginnya pun sedikit. Namun dibalik kekurangan itu semua, ceker bisa diolah menjadi masakan yang sangat enak dan bisa membuat siapapun ketagihan bahkan untuk orang yang semula tidak suka ceker ayam menjadi suka, tergantung cara mengolahya dan cara membersihkan.

Resep Soto Ayam santan

Perlu anda ketahui ceker sendiri memiliki kandungan gizi yang sangat baik untuk pertumbuhan anak – anak seperti kalsium yang kita tahu sangat dibutuhkan saat pertumbuhan tulang dan penguatan tulang. Adalagi protein sebagai daya tahan tubuh anak dan masih banyak lagi yang lainnya. Seperti fosfor untuk mengurangi pelapukan tulang pada orang dewasa atau manula. Beberapa penelitian mengunkapkan kandungan gizi didalam ceker sebanding dengan gizi yang dimiliki sirip ikan hiu.

Dalam pembuatan soto ceker kita akan mengolahnya dengan kuah kuning seperti soto surabaya. kuah kuning sendiri dipilih karena rasanya lebih khas dan kental dan tentu saja menggugah selera makan, selain itu juga penggunaan santan dan kunyit mampu meresap sampai ke tulang – tulang ceker. Jadi nanti anda ataupun keluarga anda akan ketagiahan untuk menyantapnya lagi.

Bahan yang harus di persiapkan untuk membuat soto ceker ayam :

  • Ceker ayam : 500 gram, atau sesuaikan dengan kebutuhan. Pilihlah ceker yang masih bagus dan tidak berlendir.
  • Serai : 2 batang saja, ambil bagian putihnya, cuci hingga bersih. kemudian memarkan supaya aromanya cepat keluar.
  • Lengkuas : 1 ruas jari tangan. Bersihkan, kemudian lakukan hal yang sama seperti serai yaitu di memarkan.
  • Daun salam dan daun jeruk : masing – masing 4 lembar.
  • Garam halus : secukupnya.
  • Minyak goreng : 3 sendok makan ( untuk menumis bumbu halus).
  • Air bersih : secukupnya.
  • Santan : 300 ml.

Bumbu halus :

  • Bawang merah : 10 butir, lalu kupas kulit keringnya.
  • Bawang putih : 7 siung, kupas kulit luarnya( kulit yang sudah kering).
  • Kunyit : 1 ruas jari tangan ( banyaknya 2 buah). Bersihkan dari kulitnya. Kemudian potong kecil – kecil kira – kira 0,5 cm.
  • Jahe : 1 cm saja. bersihkan kemudian potong menjadi beberapa bagian.
  • Merica butir : 1 sendok teh, bedakan ya dengan lada. Lada itu merica yang sudah menjadi bubuk jadi jika pake lada gk perlu dihaluskan.
  • Kemiri : 3 butir saja
  • Garam kasar : 2 sendok teh.

Bahan pelengkap :

  • Soun : 50 gram.
  • Telur ayam : 3 butir tau sesuaikan dengan kebutuhan.
  • Kecap manis secukupnya.
  • Daun bawang : 1 batang.
  • Daun seledri : 2 batang,
  • Tauge : 100 gram.
  • Jeruk nipis : 2 buah.
  • Bawang goreng : secukupnya.
  • Keripik kentang : 75 gram.

Cara membuat soto ceker :

  1. Langkah pertama :
  2. Siapkan cobek dan ulekan untuk menghaluskan bumbu. Kemudian bersihkan bahan – bahan dari kulitnya.
  3. Jika sudah bersih, masukkan kedalam cobek. Ulek sampai halus. Untuk menghaluskan kunyit dan jahe mungkin akan sedikit agak susah, makanya perlu di potong kecil – kecil terlebih dahulu biar lebih mudah.
  4. Tips jika anda kurang bisa mengulek ada cara praktisnya yaitu dengan menggunakan blender.
  5. Selesai.
Langkah kedua :

  1. Bersihkan ceker dari kulit luar dan kotorannya, kemudian siapkan  panci yang telah berisi air sebanyak 2 liter.
  2. Masukkan ceker kedalam panci tersebut, rebus dengan menggunakan api sedang. Tambahkan garam dan lengkuas untuk menghilangkan aroma tak sedap.
  3. Sambil menunggu ceker empuk, gunakan waktu anda untuk menumis bumbu halus pada langkah pertama.
  4. Siapkan penggorengan yang sudah diisi dengan minyak sebanyak 3 sendok makan, kemudian panaskan sebentar baru setelah itu masukkan bumbu halus. Aduk – aduk supaya bumbu tidak gosong, sebelum keluar aroma harum tambahkan juga daun jeruk dan daun salam kemudian aduk – aduk sampai keluar aroma harum.
  5. Sekarang periksa apakah ceker sudah empuk atau belum, jika sudah masukkan bumbu halus yang sudah ditumis sebelumnya, aduk – aduk sampai bumbu tercampur dengan kaldu.
  6. Tambahkan santan sebanyak 300 ml.  di artikel resep soto bla saya sudah sertakan cara membuat santan. alternatif lainnya anda beli saja santan bubuk sebanyak 4 sachet kemudian siapkan wadah yang sudah berisi air panas sebanyak 300 ml, tuangkan santan sachet tersebut. kemudian baru tuangkan kedalam kuah soto yang sedang anda buat.
  7. Cicipi rasa kaldu tersebut, jika kurang pas anda bisa menambahkan penyedap rasa dan sedikit garam aduk – aduk kembali. Kemudian cicipi jika masih kurang pas ulangi langkah ini.
  8. Sebelum kuah dihidangkan tambahkan sere yang sudah digeprek.
  9. Selesai. Kuah siap dihidangkan.
Menyiapkan bahan pelengkap :

  1. Rebus soun hingga mengembang. tips ini lebih cepat daripada anda harus menyeduh soun dengan air panas, karena mie jenis ini memerlukan panas yang stabil untuk mempercepat pematangannya.
  2. Rebus telur sampai matang, kemudian masing – masing telur belah menjadi 4 bagian.
  3. Potong kecil – kecil daun seledri dan daun bawang.
  4. Rebus tauge sampai matang. Sebenarnya penggunaan tauge disini opsional bisa diikutsertakan bisa juga tidak karena bahan pelengkapnya sudah begitu banyak.
  5. Goreng keripik kentang sampai matang, jangan sampai gosong.
  6. Selesai.
Cara membuat sambal :

  1. Rebus bawang merah, bawang putih dan cabai sampai masak. Kemudian masukkan kedalam cobek untuk di ulek.
  2. Tambahkan garam secukupnya kira – kira ½ sendok teh. Ulek sampai halus.
  3. Lalu letakkan sambal tersebut ke kamngkok kecil tau tempat untuk menyimpan sambal, tambahkan kuah sebanyak 25 ml lalu aduk – aduk.
  4. Sambal siap menemani masakan anda.



Cara menyajikan :

Siapkan mangkok ukuran sedang kemudian masukkan ceker disusul dengan menambahkan nasi jika anda suka ( opsional). Lalu kemudian tambahkan mie soun yang sudah mengembang secukupnya saja. selanjutnya siram dengan kuah soto bening yang baru saja anda buat.

Tak lupa juga taburkan bawang goreng secukupnya untuk menciptakan rasa gurih nikmat,nah sebelum anda dan keluarga menyantapnya tambahkan juga perasan jeruk nipis sehinga selera makan anda menjadi bertambah. Tambahkan sambal dan aduk – aduk sebentar, soto ceker siap disantanp.

Dengan kandungan gizi sebanyak itu soto ceker sangat cocok dihidangkan dipagi hari sebagai penyuplai energi kita sehingga siap untuk menaklukkan rintangan hari ini. Biasanya soto juga dihidangkan untuk acara – acara besar namun soto ceker ini saya rasa kurang cocok untuk hal – hal tersebut karena tidak semua orang suka dengan ceker tersebut jadi hidangan ini cocoknya untuk makanan keluarga atau rumah – rumah makan bernuansa ceker sebagai bahan utamanya.

Demikian resep dan cara membuat soto ceker kuah kuning, semoga bisa membantu dan jangan lupa untuk dipraktekkan supaya hasilnya bisa segera anda nikmati, saya yakin jika anda membuanya sesuai dengan urutan pasti rasanya akan enak. Untuk variasi menu masakan soto yang lain silahkan anda mencoba resep soto bla dan resep soto bla atau.

Subscribe to receive free email updates: