Resep soto banjar

Indonesia memang kaya akan kuliner unik nan khas dan bermacam – macam, soal rasa tentu saja hanya satu kata jawabannya yaitu “enak”. keragaman dan banyaknya variasi salah satunya dibuktikan dengan adanya kitab tak tertulis tentang resep soto berbeda – beda disetiap daerah. Keanekaragaman tersebut membuat kita sebagai warga dari negara yang dijuluki negeri 1000 pulau patut berbangga. Jika sebelumnya saya membahas resep soto terkenal seperti soto ayam lamongan, soto betawi, soto medan serta soto padang, yang kita tau merupakan kuliner berkuah papan atas, bak artis yang selalu diburu dipulau Jawa dan Sumatra, Maka pada kesempatan yang spesial ini admin akan membahas resep soto dari daerah diluar hegemoni kedua pulau tersebut, yap resep kali ini berasal dari kota banjarmasin, Kalimantan Timur yaitu resep soto banjar.

Jauh ya ? makanya banyak orang mengira bahwa soto ayam banjar merupakan masakan asli banjarnegara, bahkan saya sendiri mengira begitu eh ternyata bukan, banjar merupakan singkatan dari banjarmasin, hhe ya maklum masakan yang mirip sop ini memang berpusat pada pulau jawa. Sungguh persespi yang harus diluruskan kejalan yang benar.

Resep soto banjar


Kelezatan soto banjar memang sudah menggema dipenjuru nusantara. Jika diulas dimana esensi kenikmatanya ternyata terletak pada lontong pengganti nasi dan bumbu kuah yang cukup banyak dan komplek (daerah timuran memang terkenal dengan rempah – rempah yang sejak dulu diincar bangsa eropa). Selain itu, terdapat dua varian kuah yaitu bening dan putih kental seperti soto betawi, ya pembuatan kuahnya menggunakan susu bukan santan. miskipun menghasilkan kuah yang berbeda rasa, level kenikmatannya tetap sama saja tergantung dengan selera masing – masing penikmat, ada yang suka kuah bening ada yang suka kuah keruh putih.

Selain itu, kolaborasi perkedel kentang ciri khas soto padang dan lontong bak dua sosok primadona yang siap menggoyang lidah anda. serta didukung oleh bumbu dan bahan pilihan yang diracik dengan sempurna cukup membuat kuliner kebanggan warga kalimantan timur diperebutkan resepnya, layaknya adegan kartun spongebob “plangton yang berkali – kali ingin merebut resep rahasaia crappypatty dari tuan crab”
Soto banjar terbuat dari bahan dasar ayam kampung. Anda juga bisa menggunakan ayam potong, sama – sama menghasilkan kaldu yang oke punya. Dengan dibumbui berbagai macam rempah – rempah semisal bawang merah, bawang putih , merica. Serta perpaduan cengkeh, kayu manis, dan pala dengan komposisi yang seimbang menghasilkan kuah dengan bau yang khas hmmm udah gak sabar ingin membuatnya.

Secara umum cara memasak soto banjar sama dengan membuat soto pada daerah lainya, hanya saja bumbu yang dibutuhkan mungkin ada sedikit penambahan atau pengurangan, langsung saja simak resep selengkapanya berikut ini :

Bahan Utama :

  • Daging ayam : 1 ekor ( ayam kampung / ayam potong ).
  • Kaldu ayam : 1,5 liter ( air sisa rebusan ayam ).
  • Minyak goreng : secukupnya ( untuk menumis bumbu dan menggoreng ayam ).
  • Bumbu halus :
  • Bawang merah : 10 butir.
  • Bawang putih : 7 siung.
  • Kapulaga : 3 butir ( lebih baik disangrai terlebih dahulu).
  • Merica : 1 sendok teh
  • Pala : ½ buah
  • Garam : secukupya.

Bumbu lainnya :

  • Cengkeh : 4 buah.
  • Kayu manis : 3 cm.
  • Jahe : 1 jempol tangan,bersihkan lalu memarkan.
  • Penyedap rasa : secukupnya.

Bahan pelengkap :

  • Daun seledri : 1 batang
  • Daun bawang : 1 batang
  • Jeruk nipis : 2 buah
  • Bahan Sambal :
  • Cabai rawit : 30 – 40 buah.
  • Bawang merah : 4 butir
  • Bawang putih : 3 siung.
  • Garam dan penyedap rasa : secukupnya.

Bahan untuk membuat perkedel kentang :

  • Kentang : 500 gram.
  • Lada : 1 sendok teh.
  • Pala  bubuk : ½ sendok teh.
  • Garam : ½ sendok teh.
  • Minyak goreng : secukupnya
  • Telur ayam : 1 – 2 butir.
  • Bawang merah : 3 butir.

Bahan untuk membuat lontong :

Cara membuat soto banjar :

  1. Pertama siapkan terlebih dahulu panci yang agak besar, isi dengan air sebanyak 2 liter atau lebih dikit gpp. Sebelum direbus sebaiknya ayam dipotong menjadi beberapa bagian, kemudian cuci bersih.
  2. Masukkan ayam yang sudah dibersihkan kedalam panci, rebus dengan menggunakan api sedang. Tambahkan juga garam ½ sendok teh dan  jahe yang sudah dimemarkan untuk mengurangi bau amis daging. Aduk sebentar supaya jahe meresap merata.
  3. Sambil menunggu ayam matang dan empuk, gunakan waktu anda untuk menghaluskan bumbu, siapkan cobek dan ulekan. Masukkan bumbu yang ingin halus kedalam cobek lalu ulek sampai halus merata ( tips gunakan blender untuk mempercepat penghalusan ).
  4. Periksa apakah ayam sudah empuk atau belum, Ketika air sudah mendidih biasanya ayam sudah empuk. Namun, lebih baik di cek secara langsung. Caranya tusuk daging dengan menggunakan pisau, apakah masih keras atau sudah empuk, jika masih keras rebus lagi ( tips pilih ayam yang masih muda, biasanya ayam yang sudah tua sedikit alot( memerlukan waktu yang lama dalam perebusan).
  5. Jika daging ayam sudah matang, angkat dan tiriskan. Air sisa rebusan ini adalah kaldu yang sebentar lagi akan kita bumbui hingga memiliki rasa yang enak dan menggugah selera, maka jangan dibuang air kaldu tersebut. matikan kompor ( banyak orang setelah meniriskan daging yang telah matang tetap membiarka kaldu dipanaskan, misikpun menggunakan api kecil. Hal yang dilakukan ini sedikit percuma, lebih baik dimatikan toh nanti kaldu direbus kembali ).
  6. Ada dua pilihan setelah ayam empuk pertama, digoreng atau langsung disuwir. Kalau saya biasa digoreng terlebih dahulu agar rasanya lebih renyah. Tapi tergantung selera masing – masing.
  7. Saatnya menumis bumbu halus. Pertama siapkan wajan dan beri minyak goreng sekitar 3 sendok makan, panaskan. Jika sudah panas maka masukkan bumbu halus tersebut beserta kayu manis dan cengkeh , aduk – aduk supaya bumbu matangnya merata. Jika sudah tercium bau yang enak – enak gimana gitu tandanya bumbu sudah siap di kawinkan dengan kaldu alias bumbu sudah matang.
  8. Masukkan Tumisan bumbu kedalam kuah yang sedaritadi sudah menatinya. Masak kembali kaldu ini sekali lagi, gunakan api kecil. Aduk – aduk supaya bumbu tercampur merata.
  9. Cicipi apakah rasanya sudah pas atau belum, jika kurang cocok dilidah tambahkan penyedap rasa hingga rasanya pas dan enak.
  10. Matikan kompor jika kuah sudah memenuhi standard berikut ini (enak, rasanya pas, menggugah selera makan).
  11. Tahap pembuatan kuah sudah selesai.

Cara membuat perkedel kentang :

  1. Potong kecil – kecil kentang berbentuk dadu, lalu cuci hingga bersih.
  2. Kemudia goreng hingga matang dan empuk, tandanya kentang yang sudah matang yaitu terjadi perubahan warna agak kekuningan tua.
  3. Tiriskan terlebih dahulu setelah itu Haluskan, jika sudah halus tambahkan merica,pala, garam, bawang merah dan telur yang sudah dipilih kuningnya, seledri. Aduk semuanya hingga merata.
  4. Bentuk adonan hingga berbentuk bulat pipih .
  5. Kemudian celupkan sebentar adonan kedalam putih telur untuk menciptakan rasa gurih nantinya dan agar adonan tidak hancur saat digoreng.
  6. Goreng perkedel dengan minyak goreng yang telah dipanaskan sebelumnya
  7. Membuat perkedel kentang selesai.

Cara membuat sambal :

  1. Rebus terlebih dahulu cabai, bawang merah, bawang putih.
  2. Ulek hingga halus dan semua bahan tercampur sempurna.
  3. Siapkan wadah kecil untuk menampung sambal. Sebelum dihidangkan tambahkan 25 ml kuah soto lalu campurkan dan aduk – aduk.
  4. Selesai.
Cara membuat lontong :



Cara menyajikan :

Siapkan mangkok ukurang sedang, tata bahan pelengkap terlebih dahulu, urutannya seperti ini. masukkan mie soun yang sudah mengembang dilanjutkan dengan menambahkan suwiran ayam secukupnya, tak kalah penting masukkan ketupat yang sudah dipotong – potong. Kemudian guyur dengan kuah secukupnya.
Taburkan bawang goreng secukupnya untuk menambah rasa gurih nikmat, lalu kucurkan potongan jeruk nipis sebagai penyegar alami pembangkit selera makan. Bagi anda yang suka dengan kuah pedas maka tambahkan sambal secukupnya, dan tak lupa juga tambahkan kecap manis penyempurna hidangan soto yang siap disantap.

Dengan pembuatan bumbu dari rempah – rempah sebanyak itu, soto banjar merupakan makanan yang bergizi tinggi, karena penggunaan pala, cengkeh, dan kayu manis selain membuat aroma kuah mampu meliuk – liuk dengan lincah dihidung, juga bisa menetralisir rasa panas yang ditimbulkan saat mengomsumsi kuah yang sejatinya merupakan masakan berminyak.

Soto pada umumnya dihidangkan pada acara hajatan besar untuk didaerah jawa timur, atau pada cuaca tak bersahabat semacam mendung,hujan,dingin. untuk soto ayam banjar ini bisa dinikmati pada cuaca apapun pada kondisi apapun.

Selain rasanya enak karena diracik dan diramu dengan tangan sendiri. Anda juga menghemat biaya dan tak harus mencari resepnya langsung ke banjarmasin hhe. Demikian resep dan cara membuat soto banjar asli kalimantan. Semoga resep diatas mudah untuk dipraktekkan dirumah sekaligus menjadi menu spesial kejutan untuk keluarga tercinta. Sukur – sukur bisa menjadi lahan untuk menambah penghasilan dengan membuka rumah makan dengan menu utama kuliner asal banjarmasin karena di jawa cukup jarang ada yang menjualnya.

Sekian dan jangan lupa baca – baca resep soto spesial lainnya. See you, share ya :D

Subscribe to receive free email updates: