Resep Soto Khas Bandung Asli Maknyuss

Bandung, daerah yang dijuluki kota kembang tersebut memiliki beragam kuliner yang khas dan enak serta membuat ketagihan, salah satunya yaitu soto bandung. Masakan berkuah kembaran sup ini sangat terkenal dan dicintai oleh masyarakat setempat, maupun pengunjung yang perutnya menjerit - njerit kelaparan setelah seharian berlelah – lelahan bermain dengan sejuta wisata yang disuguhkan oleh paris van java.

Semangkuk soto bandung yang dihasilkan dari resep serta berbagai macam bumbu unik yang diracik  dengan penuh cinta seperti merawat anak sendiri, mampu menghipnotis pengunjung untuk segera melunasi hasratnya dengan cara mencicipi dilanjutkan dengan menyantapnya. Aroma harum yang dihasilkan dari kuah kaldu yang masih panas mampu menggoda siapapun yang menghirupnya sekalipun perempuan yang sedang diet . Tak jarang pula pengunjung menambah beberapa porsi lagi. ada juga yang  rela jauh – jauh pergi kebandung untuk menikmati suasana dan lezatnya masakan yang sudah melegenda seantero indonesia. Lebay wkwkw

Apa yang menarik dari soto bandung,sampai – sampai pengunjung tak kuasa untuk menambah porsinya ?. rahasinya ternyata terletak dari daging yang empuk dan matang sempurna biasanya disebut dengan daging sandung lamur. Daging sapi ini sebelum direbus ternyata di rendam dahulu dengan air garam selama 1 jam hal ini dilakukan untuk membuat daging tidak ulet , amisnya hilang dan tentunya empuk ketika digigit.

resep soto bandung

Selain dagingnya yang empuk, soto bandung yang ditaburi dengan irisan lobak serta disandingkan dengan taburan kedelai yang sudah digoreng garing menambah rasa gurih yang tak kalah dengan koya yang dimili oleh soto ayam lamongan ataupun soto ayam semarang. Atau perkedel kentang yang selalu melekat pada kuah soto padang. Serta keripik kentang yang berubah kenyal ketika disiram dengan kuah soto madura.

Sebelum bunda mengolah dan meracik dengan sepenuh hati, ada baiknya mempersiapkan alat serta bahan yang digunakan sehingga memudahkan dalam pengeksekusiannya. Bahan utama soto bandung ialah daging sapi lamur, lobak, kedelai ketiga bahan inilah yang mencolok dalam pembuatannya nantinya, tak perlu menunggu waktu lagi yuk simak resep dan bahan selengkapnya berikut ini :

Bahan utama :

  • 2 liter kaldu sapi.
  • 500 gram daging sapi, pilih daging sansung lamurnya.
  • 1 ruas jari lengkuas kemudian memarkan.
  • 1 batang serai, memarkan lalu ikata.
  • 3 sendok teh minyak goreng untuk menumis.
  • Air secukupnya.

Bumbu soto bandung ( dihaluskan ) :

  • 8 butir bawang merah.
  • 5 butir bawang putih.
  • 1,5 cm jahe,bakar sebantar.
  • 1 ruas kunyit.
  • 2 sendok teh garam kasar.
  • 1 sendok teh merica butir.
  • 1 sendok teh ketumbar.
  • 3 butir kemiri yang sudah disangrai.

siapkan ulekan dan cobek. Masukkan semua bahan kedalam cobek, lalu ulek semua bahan sampai halus dan tercampur merata. Lalu sisihkan kedalam mangkok. Tips untuk memudahkan pengulekan potong kecil – kecil jahe, kunyit kira – kira seukuran bawang merah.

Bagi bunda yang kesulitan dalam pengulekan pisahkan dahulu bahan yang cukup sulit di ulek semisal kemiri, jahe  dan kunyit ketiga bahan ini diulek terlebih dahulu. Dilanjutkan dengan bahan yang tersisa.

Bahan sambal ( opsional ) :

  • 1 sendok teh cuka.
  • 1 sendok teh garam halus.
  • Kuah soto secukupnya.
  • 20 buah cabai rawit merah.

Tips rebus dahulu cabai, alasanya jika cabai tidak direbus biasanya Cuma bertahan beberapa hari saja. Kan sayang jika dibuang. Cabai lagi mahal – mahalnya kan bund :D

Bahan pelengkap :

  • 100 gram mie soun.
  • 1 buah lobak.
  • 2 tangkai seledri.
  • 1 batang daun bawang.
  • 100 gram kacang kedelai.
  • 2 buah jeruk nipis.

Semua bahan sudah terkumpul sekarang tinggal meracik resepnya simak dengan seksama supaya hasilnya enak dan memuaskan.

Cara memasak soto bandung :

  1. Pertama yang harus dilakukan adalah membuat daging sapi menjadi empuk. Caranya dengan mengoleskan nanas yang sudah diparut ke permukaan daging secara merata. Cara ini sangatlah direkomendasikan karena selain membuat daging sapi empuk juga menambah citarasa daging spesial.
  2. Namun bagi bunda yang tidak punya nanas tenang saja, ada cara lain yaitu : merendam daging kedalam air garam selama 1 jam. Untuk takaran garam yang digunakan adalah 10 sendok makan dan takaran untuk airnya secukupnya saja.
  3. Jika daging sudah empuk, langkah selanjutnya yaitu merebusnya dengan air sebanyak 1,75 liter. Tunggu hingga air menjadi berkaldu dan dagingnya empuk dan matang. Biasanya saat air mendidih merupakan waktu yang tepat untuk mengangkat dan meniriskan daging sapi.
  4. Saring air sisa rebusan tersebut ambil kaldunya. Kemudia potong daging berbenduk dadu kemudian goreng dengan minyak yang sudah dipanaskan sampai daging matang merata.
  5. Step selanjutnya yaitu membumbui kaldu atau kuah soto caranya pertama tumis terlebih dahulu bumbu halus, kemudian masukkan lengkuas dan  batang serai yang telah dimemarkan, aduk – aduk secara berkala supaya bumbu matang sempurna. Angkat dan tiriskan jika sudah tercium bau harum.
  6. Kemudian masukkan bumbu halus yang sudah matang kedalam kuah kaldu yang sudah disaring sebelumnya. Masak kembali kuah, jangan lupa untuk mengaduk – aduk agar bumbu tercampur dan meresap ke dalam kuah secara merata. Cicipi apakah rasanya sudah enak atau belum.
  7. Jika belum enak maka tambahkan garam hingga rasanya enak.
  8. Matikan kompor jika kuah sudah enak ketika dicicipi dan sudah mendidih.

Menyiapkan bahan pelengkap :

  1. Potong seledri dan daun bawang secara menyerong dan kecil – kecil. Memotong buah lobak sesuai dengan selera masing – masing.
  2. Selanjutnya rebus mie soun sampai mengembang dan kemudian potong – potong sesuai dengan selera.
  3. Untuk menciptakan rasa gurih pengganti bawang goreng maka kedelai yang sudah disiapkan digoreng dengan minyak yang sudah panas sampai warnanya kekuniangan dan kedelai sedikit mengembang.

Cara membuat sambal :

Semua bahan yang sudah disiapkan dimasukkan kedalam cobek lalu ulek hingga halus. Letakkan kedalm mangkok kecil sambal yang sudah jadi selanjutnya menambahkan cuka sebanyak 1 sendok makan dan kuah soto sebanyak 25 ml. Selesai sambal pedas penggah selera makan siap menemani makan keluarga dirumah.

Soto bandung paling enak disajikan ketika kuah masih hangat dengan suasana cuaca yang sedang dingin atau hujan. Biasanya banyak orang menambahkan nasi sebagai pelengkap untuk membuat kenyang. Kondisi ini tidaklah wajib sesuai dengan selera masing – masing pribadi.

Siapkan mangkok yang ukurannya kurang lebih sama dengan mangkok untuk menghidangkan bakso, namun jika tidak ada cukup gunakan piring saja. Kemudian tata semua bahan urutannya seperti ini : masukkan mie soun yang sudah mengembang terlebih dahulu dilanjutkan dengan menembahkan irisan daging sapi, lobak, irisan daun seledri dan bawang secukupnya. Kemudian siram dengan kuah soto yang masih hangat.

Sampai disini soto sudah bisa di makan bersama keluarga. Namun untuk menyempurnakan sajian tersebut tambahkan jeruk nipis supaya rasanya menjadi lebih segar dan bisa membangkitkan selera makan. Oh ya jangan lupa juga taburkan kedelai goreng sebagai pengganti bawang goreng. Tambahkan sambal bagi keluarga bunda yang suka dengan rasa kuah pedas.

Jika bunda berkesempatan pergi kesana langsung, jangan hanya menikmati wisata dan pemandangan yang indah di bandung, tapi juga nikmati juga semangkok soto secara langsung. Bunda tak perlu khawatir dimana mencarinya karena setiap spot wisata biasanya ada saja depot atau rumah makan yang menyediakannya. Rasakan kesegaran dan kenikmatan dijamin lelah seharian bermain – main dengan wahana bisa terobati.

Namun jika bunda belum kesampaian mencicipinya secara langsung tak perlu berkecil hati karena resep yang kami sajikan diatas merupakan resep asli dari sumber terpercaya, dijamin kenikmatannya  sebelas duabelas akan sama hhe.

Sekian dulu ya semoga bermanfaat dan memberikan wawasan bunda yang hobi memasak semoga keluarga tercinta suka dengan masakan bunda, see you :D
Tak ada ilmu yang bermanfaat jika ilmu tersebut tidak disebarkan, please share ya :D

Subscribe to receive free email updates: