Resep Soto Mie Bogor asli enak disertai tips cara memasak dengan bumbu spesial

Bogor, sebuah daerah yang dijuluki dengan nama kota hujan. Kota dengan kondisi alam dan  cuaca yang sangat – sangat cocok untuk menikmati semangkok soto bersama keluarga tercinta. Tak heran disana soto merupakan makanan sehari – hari yang khas, enak, dan tentu mengenyangkan perut. Selain itu hampir mustahil jika tak ada depot yang menjadikannya salah satu menu andalan.

Masakan berkaldu dari bogor ini dikenal dengan sebutan soto mie bogor. Dari namanya saja sudah bisa ditebak pasti ada bahan yang beda dari yang lainnya. Soto bogor terkenal dengan kelezatan dan kenikmatan yang tiada duanya, ditambah dengan cuaca yang mendukung wuhh so nice.

Bagi para wisatawan yang berkunjung kepuncak bogor, pasti pernah mencoba mencicipi kuah berpadu dengan mie yang gurih dan bikin ketagihan tersebut. Soto mie bogor terkenal bukan karena hanya cuaca yang mendukug untuk menyantap dengan khitmat dan khusuk. Tapi, karena kuah dan mie yang disajikan berbeda dari soto lainnya, mie yang digunakan adalah mie kuning yang direbus hingga mengembang jadi itulah letak uniknya. Serasa makan bakso :D

Resep soto mie kuning bogor


Dilain sisi daging yang digunakanpun bukanlah daging ayam kampung melainkan daging sapi yang dipilih bagian urat, dan daging babat serta jeroannya.perpaduan bumbu seperti bawang merah, merica, garam dan rempah – rempah lainnya serta tentu saja kaldu sapi mampu menciptakan rasa yang benar – benar spesial dan enak. Anda tak perlu jauh – jauh pergi kebogor untuk mendapatkan bocoran resepnya.

Bagi anda yang penasaran bagaimana membuat soto bogor tenang saja cukup duduk manis dan hayati resep dibawah ini dengan seksama agar nantinya rasanya enak dan sesuai dengan harapan.

Bahan utama :

  • 300 gram daging sapi.
  • 300 gram jeroan sapi (babat).
  • Minyak goreng secukupnya.
  • Santan kental 300 ml. (tips beli santan sachet untuk menghemat waktu anda).
  • 3 lembar daun salam.
  • 4 lembar daun jeruk.
  • 2 sendok teh asam jawa.
  • 2 batang daun serai. Ambil bagian putihnya kemudian memarkan.
  • 1 liter air bersih.
  • 4 cm jahe, bersihkan kemudian memarkan.
  • Garam halus secukupnya.
  • Gula pasir secukupnya.
  • Penyeda rasa secukupnya.

Bumbu halus :

  • 10 butir bawang merah.
  • 7 siung bawang putih.
  • Garam secukupnya.
  • 4 butir kemiri. Sangrai terlebih dahulu.
  • 1 sendok teh ketumbar.
  • 1 sendok teh merica.
  • 4 cm meter kunyit, potong kecil – kecil.

Cara menghaluskan, masukkan semua bahan kedalam cobek lalu ulek secara teratur hingga semua bahan menjadi halus merata. Tips gunakan blender untuk menghemat waktu anda.

Bahan pelengkap :

  • 2 batang daun seledri.
  • 200 gram mie kuning.
  • 2 batang daun bawang.
  • Bawang merah goreng secukupnya.
  • Kerupuk atau emping secukupnya.
  • 2 buah jeruk nipis.
  • Kecap manis secukupnya.

Bahan untuk membuat sambal :

  • 30 buah cabai rawit.
  • 6 buah bawang merah.
  • ½ sendok seth garam.

Membersihkan dan menyiapkan daging babat :

  1. Hal pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan jeroan sapi atau babat, proses ini merupakan hal yang sangatlah penting, jika anda ingin babat bersih dan layak makan !.
  2. Anggap saja anda membeli babat yang belum dibersihkan, pertama anda bisa membersihkan dengan beberapa bahan yang pasti ada dirumah anda.
  3. Bersihkan babat dengan air dingin, untuk menghilangkan sisa makanan yang sulit dilapas memisal pasir maka gosok menggunakan garam dapur, kemudian cuci. Jika perlu gunakan sikat gigi untuk penggosokan bagian yang sulit di jangkau. Ulangi sampai pasir dan sisa – sisa makanan menghilang.
  4. Kemudian rendam babat dengan menggunakan air yang sudah dicampur dengan hidrogen peroksida selama 1 jam. Babat yang sudah direndam dengan zat pemutih ( hidogen peroksida disebut babat putih, dipasaran banyak yang jual. Catatan : jika anda membeli babat putih maka step 1 dan kedua tidak perlu anda lakukan.
  5. Jika sudah 1 jam direndam langkah selanjutnya yaitu mencuci dengan air mengalir sampai bersih, disini seharusnya bau tidak sedap dari daging babat seharusnya sudah menghilang. Untuk bagian pinggir potong saja karena biasanya tidak cukup bersih.
  6. Selanjutnya kerok bagian dalam babat dengan pisau untuk mengilangkan selaput – selaput yang mungkin nantinya jika tidak dihilangkan rasanya tidak enak.
  7. Jika sudah, potong babat dengan ukuran yang sama hal ini dilakukan agar nanti saat dimasak matangnya merata.
  8. Rebus babat yang sudah dipotong dengan air sebanyak 1 liter dan sudah dicampur dengan garam sebanyak 2 sendok makan. perebusan memerlukan waktu 30 menit lamanya.
  9. Cuci kembali babat, nah ini merupakan babat yang benar – benar bersih dan siap untuk dibumbui.

Cara membuat soto bogor :

  1. Rebus babat yang sudah dibersihkan bersama dengan daging sapi menggunakan api sedang, tambahkan daun salam, garam 1sendok teh, asam jawa. Tunggu hingga daging matang.
  2. Panaskan minyak goreng sebanyak 3 sendok makan, lalu tumis bumbu halus. Aduk – aduk sebenar, tambahkan daun jeruk dan daun salam. Tiriskan jika sudah berbau harum.
  3. Tuangkan tumisan tersebut kedalam rebusan daging sapi aduk – aduk secara perelahan hingga bumbu dan kaldu sapi tercampur dengan sempurna.
  4. Sebelum anda mencicipi rasa kuahnya, tambahkan santan terlebih dahulu. Kemudian aduk kembali.
  5. Nah saatnya mencicipi jika kurang pas tambahkan penyedap rasa dan gula pasir. Lalu aduk – aduk kembali cicipi lagi jika sudah pas maka matikan kompor dan kuah soto mie bogor siap dihidangkan.

Cara membuat sambal :

  1. Pertama rebus dahulu cabai, bawang merah, kemudian masukkan kedalam cobek dan ulek sampai halus merata, tambahkan juga garam dan gula pasir yang telah anda siapkan. Ulek kembali.
  2. Selesai. Biasanya saya menambahkan 20 ml kaldu soto yang sudah dibuat agar rasanya lebih gurih.


Cara menyajikan :

Masukkan bahan berikut ini kedalam mangkok : mie kuning yang sudah direbus, daging sapi, babat, tomat dan kentang rebus yang sudah dipotong kecil – kecil, touge,  telur ayam yang sudah dipotong menjadi 4 bagian lalu guyur dengan kuah yang masih panas. Soto mie bogor siap disajikan dimeja makan.

Untuk mempercantik dan menambah rasa renyah tambahkan juga bawang goreng dan tak lupa potong jeruk nipis kemudian peras diatas soto yang sudah disaji. Jangan lupa tambahkan sambal secukupnya bagi keluarga anda yang suka dengan rasa pedas yang menggugah selera makan.

Tips tambahkan nasi jika bunda menyajikannya dipagi hari supaya menjadi simpanan energi agar kuat bekerja seharian. Namun hal ini bukanlah keharusan, resep diatas sudah cukup untuk membuat kenyang saat dinikmati tampa tambahan nasi. supaya rasanya lebih gurih bunda bisa menambahkan keripik tempe atau emping yang digoreng garing.

bisa membuat soto mie bogor dengan tangan sendiri tentunya bunda bangga dan bisa menyajikan kepada keluarga kapan saja sesuka hati. Ditambah bahan dan rempah – rempah yang digunakan pasti semuanya sudah tersedia didapur rumah masing – masing memudahkan langkah bunda untuk segera meraciknya. Semoga resep diatas bisa membantu bunda dalam meracik soto dengan sepenuh hati agar hasilnya enak dan bisa menjadi menu andalan kesukaan keluarga.

Biasanya para penjual disana memadukan berbagai bahan untuk menciptakan variasi soto yang beda dari depot yang lainnya. contohnya daging sapi bisa diganti dengan daging ayam. selain itu jeroan sapi yang digunakan tak hanya urat dan babat tapi juga kaki sapi sebagai penambah rasa kaldu yang khas. Tak hanya sampai disitu banyak juga penjual yang mengganti bahan mie kuning menjadi mie bihun atau campuran keduanya. Jadi jika anda membuat soto bogor jika bahan sulit dicari atau harganya mahal anda bisa menggantinya dengan bahan  yang lain.

Nah sekian dulu ya resep cara membuat soto mie bogor, jangan lupa untuk diprektekkan karena resep diatas lumayan mudah untuk bunda yang tentunya pasti sudah pengalaman dalam hal masak memasak. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: